Jumat, 29 Juli 2016

Memandang Lagu

Kok enek - enek ae tho mas. Memandang lagu.. Lagu itu yo didengerin, listening.. Kadang malah sambil merem, saking menghayatinya. Lha ini kok malah lagu dipandang. Piye maksute ?
Tenang men, ngopi - ngopi disik sambil jagongan soal pandang memandang lagu ini. Eh, sampeyan semua pasti suka musik tho ? Punya lagu favorit. Jangan bohong.. iyo po ora ?
Nah selain untuk didengar, menikmati sebuah lagu ternyata bisa dengan dilihat. Terus apanya yang dilihat ? Ya liriknya dong. Jadi gini bro, membaca lirik lagu favorit agar menarik dan gak terkesan biasa - biasa wae harus disiasati. Lirik lagu itu bisa ditulis diatas sebuah foto atau gambar yang menurut kita menarik. Syukur - syukur gambar itu ada hubungannya dengan isi lirik lagu tadi. Mudeng nggak bro ?

Ini contohnya, lirik lagunya Ebiet G Ade "Doa sepasang petani muda". Lagu lawas bro, jamannya Kabinet Pembangunan ll di era presiden Suharto. Lagu tentang musim kemarau yg panjang di Jawa Tengah. Lagu tentang jeritan petani kecil yang tidak merasakan pemerataan irigasi.

Dapat liriknya dari mana ? Yo browsing tho mas, cari lirik lagu yang kita kehendaki, udah gitu disave atau screen capture.



Kita pilih ilustrasi gambar yang temanya sesuai dengan pesan moral lagunya.


Piye masbro ?
Cara bikinnya bisa pake Photoshop, Corel Draw, Ulead photo impact, dll bagi yang pake PC atau laptop. Tapi bagi yang gak punya, cukup pakai smartphone (contoh-contoh disini editingnya juga cuma pake hape android cino). Bisa pake aplikasi Picsart, Photoshop touch, Snapseed, dll. Terserah anda lebih familier yang mana.

Disini ada contoh yang lain :

"Janji Hati" by Memes
Lagu keramat masbro. Buat ente yang saat ini tidak punya pasangan disarankan untuk tidak menyimak lagu ini. Dikhawatirkan ngenes entar. Xixixi...

Lagu dan puisi religi karya Emha Ainun Nadjib. Saya mencoba mengekspresikannya dengan balutan soft tone beraroma Mystical grey (hallaahh.. opo maneh iki. Istilah nggawe dewe bro)

Yang ini dari grup band Elpamas.
"Macan Betina"
Sayang ekspresi si cewek kurang garang ya ? Kurang dingin..

"Kupu-Kupu Kertas" by Ebiet G Ade.
Dengan disaput efek gold untuk mengesankan kehangatan dengan sedikit vignet tipis di kedua sudutnya.

Syair lagu "Ada Dua Cinta" Ikang Fawzi.
Sebuah komposisi yang lumayan keren. Tapi lebih keren lagi model cowoknya. Ngakunya sih 11/12 sama Nicholas Saputra (haddeehh....)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar